Bunga Kredivo Vs Tunaiku, Ini Paling Rendah

https://lh3.googleusercontent.com/mWZtjPWOUwy4egVhmDXcGzg5Lx8nfKTkuzS--NmewzqlNqZcPvNazzNN_7HnYQl6TjjQ5lfLwQ7uYsXwN7NZMHC1SNgANk8vl-ytTwHGeIZNF0b-y0cTp_xZoeEdLjjCLwDOz2ur

Buat warga Surabaya mungkin sudah tidak asing lagi dengan Bank Amar Indonesia. Bank tersebut memiliki sebuah produk fintech bernama Tunaiku yang memudahan siapapun untuk pinjam dana dengan sangat mudah karena prosesnya akan dianalisa dalam waktu 1×24 jam saja.

Tunaiku sebenarnya tidak berbeda dengan fintech lain yang sudah dikenal oleh masyarakat seperti Kredivo. Nah, kira-kira jika dibandingkan, berapa besar bunganya dan apa saja keunggulan dari masing-masing fintech ini. Yuk kita simak perbandingannya secara langsung;

1. Perbandingan Bunga Tunaiku vs Kredivo

Bunga pinjaman Tunaiku adalah sebesar 3 persen per bulan. Bunga tersebut diberikan untuk maksimal jumlah pinjaman sebesar Rp20 juta dengan tenor maksimal yang diberikan selama 20 bulan. Minimal pinjaman sebesar Rp2 juta.

Sementara itu, Kredivo memiliki bunga sebesar 2,6 persen per bulan dari total pinjaman dengan maksimal tenor hingga 12 bulan untuk belanja online dan tenor maksimal 6 bulan untuk pinjaman tunai.

Supaya lebih jelas yuk coba kita simulasikan saja dengan jumlah pinjaman yang sama dan tenor yang sama.

TunaikuKredivo
Jumlah PinjamanRp 2 JutaRp 2 Juta
Bunga3% 2.6%
Tenor6 Bulan6 Bulan
Cicilan per bulanRp393.333Rp385.333

Cicilan tunaiku minimal Rp2 juta, sementara cicilan Kredivo minimal Rp1 juta. Jadi, bisa kamu sesuaikan sesuai kebutuhan berdasarkan simulasi pinjaman tersebut.  

2. Syarat pendaftaran Tunaiku vs Kredivo

Syarat pendaftaran pinjaman Tunaiku hampir mirip dengan Kredivo. Syaratnya berstatus warga negara Indonesia, berumur antara 18-60 tahun, memiliki KTP, memiliki nomor rekening bank dengan nama yang sama tertera di KTP, berdomisili di Indonesia dan beberapa dokumen lainnya yang dibutuhkan. 

Selain itu, nasabah juga hanya diterima jika memiliki salah satu rekening bank berikut; BCA, Bank Mandiri, BNI, BRI, Bank Permata, CIMB, DKI, Bank Danamon, Maybank, Bukopin, KEB Hana, dan BTN. Selain bank tersebut, Tunaiku belum bisa memproses permohonan karena dana pinjaman akan ditransfer ke salah satu rekening nasabah tersebut.

Proses pendaftaran Tunaiku bisa dilakukan di website resminya dan aplikasi. Saat ini baru aplikasi di ponsel Android saja yang baru bisa dilayani. 

Sementara untuk pendaftaran keanggotaan Kredivo pun harus memenuhi beberapa syarat terlebih dahulu, diantaranya berstatus Warga Negara Indonesia (WNI), berusia antara 18 sampai 60 tahun, berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, serta berpenghasilan minimal Rp 3 juta per bulan.

Proses pendaftaran Kredivo sepenuhnya menggunakan aplikasi dan dilakukan secara online. Tim terkait akan melakukan verifikasi data dalam waktu 1×24 jam. Jika sudah memenuhi syarat, akan ada notifikasi sukses lewat pesan pendek, email maupun aplikasi Kredivo yang sudah diunduh di smartphone kamu. 

3. Cara pendaftaran Tunaiku vs Kredivo

Langkah-langkah melakukan pendaftaran sebagai member Tunaiku dari aplikasi Tunaiku, sebagai berikut ini:

  • Unduh aplikasi Tunaiku di Google Play Store.
  • Masukkan nomor handphone untuk mendaftar.
  • Pilih pinjaman yang diinginkan beserta tenornya.
  • Isi aplikasi dengan lengkap seperti foto KTP dan foto selfie serta data identitas diri.
  • Klik ajukan pinjaman setelah pengisian data lengkap.
  • Proses persetujuan pinjaman akan diproses dalam waktu 1×24 jam. Notifikasi persetujuan akan diinformasikan secara online. Dana akan otomatis ditransfer ke nomor rekening yang didaftarkan.
  • Informasi jatuh tempo, cicilan dan tenor dapat diakses melalui aplikasi Tunaiku.

Adapun proses pendaftaran menjadi member Kredivo adalah sebagai berikut ini:

  • Unduh aplikasi Kredivo resmi.
  • Pilih akun Premium Reguler
  • Foto KTP (Data harus terlihat jelas)
  • Foto selfie diri dengan wajah terlihat jelas
  • Upload dua dokumen bukti tempat tinggal ((STNK, tagihan kartu kredit/telepon/listrik/air, atau Kartu Keluarga)
  • Upload dua dokumen bukti penghasilan (slip gaji, mutasi rekening 2 bulan terakhir, bukti potong pajak)
  • Lengkapi data dengan benar
  • Tunggu konfirmasi dalam waktu 1×24 jam  

4. Limit kredit Tunaiku vs Kredivo

Tunaiku tidak memberikan informasi kredit limit maksimal yang diberikan. Hanya saja untuk pilihan pinjaman paling kecil mulai dari Rp600 ribu dengan pinjaman maksimal Rp 2.3 juta. Artinya nasabah sudah diberikan paket-paket pinjaman dan tidak bisa mengatur sendiri jumlah pinjaman yang diinginkan.

Sistem limit kredit di Kredivo berbeda dengan Tunaiku. Bagi member premium, kredit limit yang diberikan bisa mencapai Rp 30 juta. Kredivo sebenarnya menyediakan akun basic. Hanya saja untuk pengguna akun basic ini tidak diberikan akses untuk mengajukan pinjaman uang secara online. Selain itu limit kreditnya dibatasi maksimal Rp3 juta saja dengan tenor pembayaran selama 30 hari tanpa bunga. 

5. Denda keterlambatan Tunaiku vs Kredivo

Denda keterlambatan Tunaiku dikenakan antara 1.35 persen sampai dengan 1.37 persen per hari tergantung produk yang dipilih. Jika dijabarkan, berikut denda keterlambatan sesuai dengan produknya masing-masing;

  • Pinjaman Rp 600 ribu tenor 24 hari, denda keterlambatan 1.35%
  • Pinjaman Rp 1,2 juta tenor 28 hari, denda keterlambatan 1.35%
  • Pinjaman Rp 2.3 juta tenor 3 bulan, denda keterlambatan 1.37%

Sementara denda keterlambatan Kredivo dikenakan sebesar 3% dari total tagihan per 30 hari. Jadi kamu sudah bisa membandingkan bunga pinjaman maupun denda keterlambatan antara Tunaiku dengan Kredivo.

Tunaiku adalah salah satu fintech yang telah terdaftar di OJK. Begitu pula dengan Kredivo yang terdaftar secara resmi di OJK dengan nama PT FinAccel Digital Indonesia.   

Sebagai informasi, Kredivo memiliki fitur pay later alias bayar nanti dalam waktu 30 hari tanpa bunga sama sekali. Jadi, jika kamu belanja di tanggal 25 Agustus, maka kamu diberikan kesempatan untuk membayar tagihannya sampai 25 September tanpa bunga sama sekali alias 0 persen. Limitnya Rp3 jut untuk member akun basic, sedangkan member akun premium disesuaikan dengan kredit limit masing-masing, maksimal Rp30 juta.

Selain itu, kini Kredivo juga sudah bisa digunakan untuk belanja offline seperti di Mcd, Erafone, Best Denki, Electronic City, IKEA, dan 350+ merchant lainnya di Indonesia. Cakupannya semakin luas tidak hanya sebatas belanja online saja di marketplace atau toko online.

Kesimpulannya, itulah perbandingan bunga, cara pendaftaran, syarat pendaftaran serta denda keterlambatan antara Tunaiku dengan Kredivo. Dari perbandingan tersebut kamu bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan serta pas dengan kondisi finansial.     

Leave a Comment