PKB Terbentuk Di Era Reformasi Saat Lengsernya Presiden Soeharto

Semakin memburuknya keadaan ekonomi pada tahun 1998 berimbas pada krisis moneter di Indonesia. Ekonomi yang sulit menyebabkan munculnya banyak protes serta kemarahan rakyat terhadap pemerintah Soeharto yang dianggap tidak mampu mengatasi kondisi tersebut dengan baik. Tetapi secara perlahan namun pasti berkembangnya protes protes yang terorganisir dari para aktivitis yang semakin membesar terlebih setelah terjadinya peristiwa Trisakti dan Kerusuhan 1998.

Sejak tanggal 21 Mei 1998 dimulainya era baru dalam sejarah politik dan pemerintahan Indonesia saat lengsernya Presiden Soeharto dari jabatannya setelah menerima desakan yang sangat kuat dari arus reformasi. Itu merupakan saat dimulainya Era Reformasi, dimana setelah itu ada banyak sekali pihak pihak yang membentuk partai Politik.

Kebebasan dari kungkungan pemerintahan orde baru yang menyebabkan tadinya banyak aspirasi rakyat yang terpendam bermunculan keluar bahkan hampir tidak dapat dikendalikan. Salah satu partai politik yang terbentuk di era tersebut adalah PKB atau Partai Kebangkitan Bangsa.

Sehari setelah lengsernya Presiden Soeharto, warga warna NU di seluruh tanah air mulai memberikan banyak usulan tentang pembentukan partai politik pada para pengurus PBNU. Beragam usulan pun bermunculan mulai dari pemilihan logo, usulan tentang nama parpol sebanyak 39 pilihan, hingga visi misi dan AD/ART Parpol, dan lainnya.

Lajnah Sebelas Rembang yang diketuai oleh KH.M.Cholil Bisri dan dari PWNU Jawa Barat memberikan usulan yang paling lengkap. Tetapi setiap usulan yang masuk ditanggapi PBNU dengan sangat hati hati, karena adanya hasil dari Muktamar NU ke-27 di Situbondo yang menyatakan bahwa NU secara organisatoris tidak terkait dengan partai politik serta tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis.

Meski begitu, sejarah awal dari partai PKB ini pada 23 Juli 1998 atau 28 Rabiul Awal 1419 Hijriah di Jakarta menjadi parpol dengan ideologi Konservatisme. Kemudian disusunnya Visi dan Misi sejarah partai PKB untuk memberikan tujuan yang jelas bagi pendirian parpol yang diberi nama PKB atau Partai Kebangkitan Bangsa.

Leave a Comment