Mengenal Bayi Tabung dan Proses Bayi Tabung

12 Inspirasi Nama Bayi Laki-laki Bermakna Bijaksana, Ada Bahasa Arab!

Memang sekarang ini bayi tabung kini sudah menjadi salah satu alternatif bagi pasangan yang mengalami kesulitan punya anak, ya walaupun tahapannta cukup mahal untuk di lakukan, akan tetapi metode ini sudah banyak sekali pasangan yang sangat mendambakan seorang anak dalam kehidupan pernikahannya. Dan bayi tabung sendiri adalah suatu proses pembuahan sel telur oleh sel sperma di luar tubuh wanita atau lebih tepatnya di dalam sebuah tabung pembuahan. Yang mana proses tersebut setelah sel telur berhasil dibuahi dan sudah ada di fase siap, sehingga akan dipindhkan kedalam Rahim. dan secara medis porses ini disebut dega in virtro fertilization. Dan berikut ini beberapa proses bayi tabung.

  1. Stimulasi Ovarium

Dengan adanya stimulasi ini bertujuan untuk meningkatkan jumllah sel telur yang diproduksi oleh ovarium. Sehingga semakin banyak sel telur yang diambil dan dibuahi selama proses bayi tabung. Maka akan mempengaruhi keberhasilan terjadinya kehamilan. Dalam tahap ini nanti para ibu akan diberkan obat kesuburan untuk meningkatkan produksi sel telur. Dan dokter pula akan memantau pertumbuhan dan perkembangan folikel dalam beberapa hari dengan melakuka USG dan beberapa tes dara untuk memantau sudah sampai mana perkembangan telur dalam ovarium dan mengetahui kadarnya.

  1. Pematangan Oosit

Proses ini terjadi pada saat sebelum sel telur diambil dan dipindahkan kerahim. Yang mana telur harus bisa menyelesaikan pertumbuhan dan perkebangan dulu. Yang mana untuk melakukan proses ini kalian akan diberikan suntuikan human chorionic  gonadotropin yang mana untuk pematangan terlur secara maksimal. Dan dilakukan suntikan sebanyak satu kali dilakukan secara tepat. Sehingga jika terlalu dini, telur tidak cukup matang akan tetapi jika dilakukan terlalu lama akan menjadi tua dan tidak bisa berubah dengan baik.

  1. Pengambilan sel Telur

Yang mana pengambilan sel telur ini dilakukan pada 34 hingga 36 jam setelah kalian disuntikan hCG, dan untuk tidak merasa sakit akan dianestasi terlebih dahulu. Dan menggunakan USG trasvaginal yang akan dilakukan untuk membantu dokter dalam pengambilan sel telur. Dan pengambilan tersebut akan dilakukan menggunakan jarum yang akan menghisap folikel dalam ovarium. Dan aka nada hanya satu telur di setiap satu folike yang diambil dari ovarium. Dan oosit ini akan dibawa ke lab embriologi yang memang disana aka dilakukan pembuahan oleh sel sperma.

  1. Pembuahan Sel Telur

Untuk seanjutnya ialah meakukan pembuahan atau inseminasi. Dimana inseminasi yaitu saat dimana sperma dipertemukan ke sel telur, setelah itu hasil dari gabungan tersebut dimasukan ke dalam ruangan khusus, dan biasanya dalam waktu 12 hingga 24 jam diharapkan sudah bisa terjadi pembuahan antara sel telur dengan sperma, dan juga juga sang lelaki mengalami masalah ketidak suburban atau memiliki kualitas sperma yang kurang, sehingga sperma akn disuntikan langsung ke setiap sel telur yang matang.

  1. Pemindahan Telur Yang Sudah di Buahi

Sebelum dilakukan pemindahan embrio, nanti kalian akan diberikan obat obat hormone progesterone untuk memantu mempersiapkan diding Rahim menerima embrio. Sehigga jika sel telur telah berhasil dibuahi sperma, dan memang akan disimpan selama tiga hingga lima hari yang di tempatkan secara khusus sebelum dipindakan ke dalam Rahim. dan untuk pemindahan telur yang sudah dibuahi atau embrio akan dilakukan pada hari kelima setelah pembuahan sebelumnya berhasil, atau embrio sudah ada di ase blastosit , sehingga blastosit ini sudah bisa menempel secara baik pada Rahim.

Leave a Comment