Cari Tahu Tips Perkembangan Anak di Usia 3 Bulan

Agar Pertumbuhan Optimal, Ini Tips Penuhi Vitamin D Anak

Si kecil sudah berusia 3 bulan? Sebagai orang tua Anda pasti sangat senang melihat setiap perkembangan si kecil yang semakin meningkat. Jika di usia 2 bulan indera penglihatan dan pendengaran buah hati Anda mulai berkembang, maka di usia 3 bulan semakin meningkat. Apalagi pada fase selanjutnya yaitu usia 4 bulan, anak Anda akan semakin banyak mengoceh. Maka dari itu diperlukan berbagai macam stimulasi untuk si kecil pada usia 3 bulan ini.

Stimulasi untuk mendukung perkembangan anak di usia 3 bulan cukup mudah. Anda bisa menggunakan bantuan seperti mainan bayi dan beberapa aktivitas lain. Hal ini berguna supaya anak mampu dan senang mengeksplorasi situasi di sekitarnya.

Tips menstimulasi perkembangan anak usia 3 bulan

  • Mengajak si kecil bicara pada jarak agak jauh

Saat anak lahir ke dunia, Anda mungkin sringkali mengajak si kecil dalam jarak dekat. Untuk menstimulasi si kecil pada usia 3 bulan, Anda bisa mengubah kebiasaan tersebut dengan mengajaknya bicara pada jarak yang agak jauh. Latih si kecil untuk mengenali suara Anda dari jarak yang tidak dekat.

Stimulasi ini mampu membuat indera pengengaran anak menjadi lebih sensitif. Selain itu, Anda juga bisa mendeteksi apabila terdapat gangguan pada pendengaran anak jika berbicara dari jarak agak jauh. Lihat bagaimana si kecil merespon suara Anda.

  • Mengenalkan berbagai warna serta tekstur

Pada usia bayi kurang dari dua bulan, ia hanya dapat melihat warna hitam dan putih. Maka dari itu, untuk stimulasi bayi di usia 3 bulan Anda bisa menunjukkan berbagai macam variasi benda agar indra penglihatannya terlatih. Cara mudah menstimulasi si kecil yaitu dengan memberikan berbagai macam mainannya, sehingga ia juga mulai mengenal berbagai warna.

Selain mengenalkan warna, menunjukkan mainan-mainan yang Anda berikan juga berguna untuk mengenalkan tekstur pada si kecil. Biarkanlah anak Anda menyentuh mainan tersebut dengan leluasa. Sehingga secara alami ia mampu mengenali berbagai macam tekstur yang ia pegang.

  • Membiasakan si kecil bertemu banyak orang

Agar anak tak selalu brergantung pada bunda, maka Anda mulai bisa membiasakan si kecil bertemu dengan orang banyak. Pada usia ini juga si kecil mulai banyak tersenyum. Anda bisa mengajaknya keluar rumah untuk bertemu tetangga sekitar atau keluarga besar. Dengan begitu, anak akan terbiasa berada ddi dalam lingkungan sosial.

Anak tidak akan mudah rewel saat dikelilingi banyak orang atau jauh sebentar dari gendongan Anda. Namun stimulasi ini tentunya juga mmebutuhkan waktu sehingga Anda perlu bersabar.

  • Menirukan ekspresi anak

Pada usia 3 bulan ke atas, anak akan lebih banyak mengoceh serta memiliki ekspresi yang lebih beragam. Anda bisa menstimulasinya dengan sering menirukan ekspresi dan gumamannya. Sehingga anak Anda akan lebih banyak mengeksplorasi ekspresi berdasarkan ekspresi Anda.

  • Fokus ketika menyusui

Di usia 3 bulan, pendengaran anak menjadi semakin baik sehingga apabila ada gangguan di sekitarnya, ia akan lebih mudah teralihkan. Termasuk ketika ia sedang menyusu. Adanya gangguan atau suara lain saat sedang menyusu akan membuat ia meninggalkan aktivitas menyusunya.Maka dari itu, sangat penting untuk Anda melatih fokus si kecil saat sedang menyusui. Misalnya mematikan televisi atau menyusui di tempat yang tidak ramai.

Nah itu tadi 5 cara menstimulasi anak usia 3 bulan agar memiliki perkembangan yang lebih baik. Untuk informasi lebih lanjut mengenai perkembangan anak bisa Anda cari tahu di klikdokter.com.

Leave a Comment