Cara Menjaga Kesehatan Kandungan Bagi Ibu Hamil

5 Tips Puasa Sehat bagi Ibu Hamil (Odua Images/Shutterstock)

Ketika dokter mengumumkan kabar baik bahwa Anda hamil, tugas Anda adalah menjaga kesehatan kandungan yang masih muda dan menghindari berbagai resiko penyakit. Mengingat usia kehamilan yang masih muda atau trimester pertama kehamilan, Anda akan berisiko mengalami keguguran.

Menjaga kandungan yang masih muda sangat penting karena janin masih lemah di minggu-minggu pertama dan membutuhkan semua jenis nutrisi penting agar tetap sehat di tahap kehamilan berikutnya.

Menjaga Kesehatan Kandungan Ibu Hamil dengan Gaya Hidup Sehat

Dengan bayi di perut Anda, segalanya harus berubah. Bentuk tubuh akan berubah seiring dengan perkembangan janin. Untuk beradaptasi dengan perubahan ini, Anda harus melakukan perubahan dari dirinya sendiri.

Ubah gaya hidup tidak sehat segera setelah kehamilan. Menjaga kesehatan kandungan ibu hamil memang sulit. Namun, hal tersebut bukan tidak mungkin jika Anda menerapkan gaya hidup sehat yang berbeda seperti berikut ini:

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Kondisi kesehatan selama kehamilan sangat bergantung pada gaya hidup sehat ibu hamil. Isi piring Anda dengan berbagai makanan sehat bergizi untuk menunjang kesehatan Anda dan janin di dalam kandungan.

Mengonsumsi makanan bergizi dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menghindari risiko komplikasi kehamilan, mengontrol berat badan selama hamil, dan tetap sehat. Selain itu, ibu hamil yang mengonsumsi makanan sehat lebih cenderung terhindar dari depresi selama kehamilan.

Pasalnya, makanan bergizi membantu menstabilkan mood ibu selama hamil. Makan makanan bergizi sejak awal kehamilan juga membantu mempersiapkan ibu hamil secara optimal untuk melahirkan.

Asupan nutrisi yang bervariasi namun seimbang juga mendukung perkembangan anak dan kesehatan ibu hamil. Jangan lupa bahwa mengonsumsi makanan bergizi dapat membantu menjaga berat badan janin yang sehat dan mencegah resiko cacat lahir pada bayi.

Makanan bergizi yang harus dimakan untuk menjaga kesehatan ibu hamil antara lain:

  • Makanan berprotein seperti dada ayam, telur rebus, dan biji-bijian.
  • Makanan yang mengandung vitamin C, seperti buah jeruk, stroberi, dan juga jambu biji.
  • Makanan dan minuman mengandung kalsium, seperti sayuran hijau dan susu pasteurisasi.
  • Makanan yang mengandung lemak sehat seperti alpukat dan ikan salmon (dimasak matang).
  • Makanan yang mengandung asam folat, seperti bayam dan kuning telur.

Sementara itu, agar Anda tetap sehat, hindari makan daging setengah matang, junk food dan juga jeroan yang kaya lemak trans, selama Anda menjalani pola hidup sehat. Selain itu, hindari makan ikan yang tinggi merkuri selama kehamilan, seperti mackerel, tuna dan ikan todak untuk menjaga kesehatan ibu hamil.

2. Olahraga Secara Rutin

Kehamilan bukanlah alasan untuk tidak berolahraga. Olahraga masih menjadi bagian penting dari gaya hidup agar tetap sehat selama hamil. Olahraga membantu meningkatkan sirkulasi dan oksigenasi tubuh, memperkuat otot, menjaga berat badan ideal dan mengurangi stres selama kehamilan. Olahraga juga mendukung kecerdasan bayi dalam kandungan.

Usahakan menyisihkan 30 menit setiap hari untuk berolahraga demi kepentingan ibu hamil. Anda tidak perlu berolahraga berat. Aktivitas fisik ringan seperti berenang, berjalan kaki, dan bahkan yoga umumnya aman dilakukan selama kehamilan.

3. Berhenti Minum Alkohol dan Merokok

Agar ibu hamil dan rahim tetap sehat selama 9 bulan ke depan, hindari merokok dan minum minuman beralkohol. Merokok dan minum alkohol selama kehamilan dapat meningkatkan risiko keguguran.

Kedua kebiasaan buruk ini juga dapat meningkatkan resiko persalinan prematur, cacat lahir, dan juga kematian bayi saat persalinan. Karena itu, pastikan Anda menjalani gaya hidup sehat, bebas rokok dan alkohol.

Seperti itulah cara menjaga kesehatan kandungan bagi ibu hamil. Selain menerapkan gaya hidup sehat, Anda juga harus rutin melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk memeriksa kondisi janin yang ada dalam kandungan, serta mengetahui usia kehamilan Anda. selain kontrol, mengetahui usia kehamilan juga bisa melalui kalkulator kehamilan online yang ada pada website klikdokter.com.

Leave a Comment