5 Perawatan Rumah yang Wajib Kamu Ketahui

Merawat rumah ternyata bukan perkara gampang atau mudah. Terutama jika sudah memiliki rumah yang berusia cukup tua. Agar kerusakan rumah tidak semakin parah, ada beberapa tips yang perlu dilakukan dalam melakukan perawatan rumah. Dengan begitu biaya perawatan rumah bisa ditekan dengan lebih mudah.

Untuk biaya renovasi atau perbaikan rumah terkadang memang selalu merogoh kocek lebih dalam, karena bisa saja anggaran yang direncanakan membengkak. Untunglah saat ini ada cukup banyak kredit online cicilan bulanan yang juga bisa membantu kamu dari segi pembiayaan saat membutuhkan biaya perbaikan, perawatan, maupun renovasi rumah.

Nah, berikut ini adalah beberapa perawatan rumah yang wajib diketahui dengan harapan bahwa rumah yang terawat akan lebih ringan biaya perawatannya.  

1. Memperbaiki kerusakan kecil rumah segera mungkin

Urusan memperbaiki rumah tidak bisa ditunda-tunda untuk alasan tertentu apalagi yang berkaitan dengan air. Misalnya terjadi kebocoran di atap. Dengan adanya kebocoran atap tentu saja akan merembet kepada yang lain seperti plafon hingga barang-barang yang ada di bawahnya.

Jika sudah terjadi demikian, perbaikan kerusakan rumah menjadi sebuah hal yang mendesak dan harus segera dilakukan. Pasalnya jika dibiarkan kerusakan akan semakin besar dan berdampak pada yang lainnya.

Itulah mengapa Kredivo hadir sebagai solusi dalam memberikan pinjaman dana untuk perbaikan rumah. Bunga Kredivo sangat rendah dibandingkan dengan perusahaan lain. Cicilan 2,6% saja per bulan dengan tenor fleksibel mulai dari 3,6 sampai dengan 12 bulan.

Kredivo bisa memberikan bantuan dalam bentuk pinjaman tunai atapun menggunakannya dengan belanja kebutuhan di beberapa merchant yang sudah bekerja sama dengan Kredivo. Dengan begitu akan lebih mempermudah pekerjaan ketika harus memperbaiki rumah.

2. Memastikan sirkulasi udara bersih dan baik

Kondisi sirkulasi rumah yang baik akan memberikan udara yang bersih dan baik bagi penghuninya. Oleh karena itu, bersih-bersih sirkulasi udara sangat penting, setidaknya bisa dilakukan seminggu sekali mulai dari membersihkan jendela, hingga lubang-lubang udara sirkulasi di atas jendela yang biasanya sudah dipenuhi dengan debu. Apalagi jika dipasang kawat kasa untuk mencegah masuknya serangga seperti nyamuk ke dalam rumah. 

3. Melakukan pengecatan ulang saat warna sudah pudar

Kebiasaan mengecat rumah biasanya dilakukan pada saat mempersiapkan hari raya atau hari-hari besar keagamaan tergantung dari kebiasaan ataupun adat dan istiadatnya masing-masing.

Namun demikian, tetap saja pengecatan ulang rumah harus dilakukan karena cat akan memudar karena efek usia dan cuaca. Pilihlah cat sesuai dengan media yang digunakan serta tahan terhadap cuaca sehingga pengecatan ulang bisa diminimalisir tidak perlu harus setiap tahun. 

4. Memastikan gudang tetap bersih agar tidak menjadi sarang tikus

Jika kamu punya gudang di rumah, pastikan dalam kondisi tertata rapi dan terawat. Paling tidak, barang-barang kecil jangan dibiarkan berserakan dan tidak tertutup rapi. Kamu bisa memasukkan barang-barang kecil di dalam gudang ke dalam sebuah kotak kardus kemudian disusun sedemikian rupa sehingga terlihat lebih rapi dan tertata.

Urusan soal gudang memang sangat menjengkelkan, terlebih jika gudang dijadikan sarang tikus. Hati-hati jika sudah ada tikus yang bersarang di rumah, biasanya akan mengundang datangnya ular. Oleh karena itu, pastikan bahwa gudang di rumah benar-benar bersih dan tertata agar tidak menjadi sarang tikus atau binatang lainnya. 

5. Hidup minimalis dengan perabotan yang fungsional

Usahakan untuk tetap hidup minimalis dengan barang-barang yang memang difungsikan sebagaimana mestinya. Kurangi barang-barang yang tidak digunakan dengan menjual atau bahkan bisa dengan mendonasikannya kepada mereka yang membutuhkan.

Barang-barang maupun perabotan yang mungkin sebenarnya terlihat sepele, tetapi bisa saja sangat dibutuhkan oleh orang lain. Selain akan lebih bermanfaat dan digunakan oleh orang lain, secara langsung kamu mengurangi barang menumpuk lebih banyak di gudang ataupun di tempat penyimpanan sehingga rumah menjadi terlihat lebih rapi dan terawat. 

Leave a Comment