5 Manfaat Konsumsi Buah Semangka

https://mdm.tanihub.com/images/10001/product/Semangkamerahnonbiji.jpg

Siapa yang tidak suka semangka? Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat banyak orang suka makan semangka. Buah semangka juga mengandung air yang sangat tinggi. Bahkan kandungan air pada semangka bisa mencapai 92% dari keseluruhan daging buah. Ukurannya yang besar membuat orang memakannya secara beramai-ramai.

Manfaat Buah Semangka

Selain enak dan menyegarkan, semangka memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan. Meskipun begitu, anda tidak bisa mengonsumsinya secara berlebihan. Pasalnya anda bisa terkena sakit perut jika makan semangka dalam jumlah banyak. Banyaknya biji semangka tidak menjadi penghalang untuk merasakan manisnya semangka. Apalagi manfaatnya yang baik buat tubuh membuat anda tidak pelu khawatir ketika mengonsumsinya.

Lalu apa sajakah manfaat dari buah semangka untuk kesehatan? Berikut ini adalah manfaat semangka yang perlu diketahui.

1. Menjaga kesehatan jantung

Tidak hanya manis, tetapi buah yang bagian dagingnya berwarna merah ini manis manfaatnya. Mengonsumsi semangka dapat membantu anda menyehatkan jantung. Dilansir dari HelloSehat, sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak semangka memiliki peran dalam menurunkan tekanan darah pada penderita obesitas dan hipertensi. Nah, manfaat ini bisa didapat dari kandungan kalium pada buah semangka.

Lalu kandungan karetonoid pada semangka mampu mencegah pengerasan dinding vena dan arteri yangmana akan berpengaruh pada kesehatan jantung.

2. Memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh

Telah disebutkan sebelumnya bahwa semangka mengandung 92% air. Sisanya adalah elektrolit yang baik untuk kebutuhan hidrasi tubuh. Maka tidak mengherankan ketika makan semangka tubuh menjadi segar. Semangka sangat baik untuk meredakan demam karena manfaatnya dalam menurunkan suhu.

3. Menyehatkan rambut dan kulit

Mau memiliki rambut dan kulit yang sehat? Anda tetap bisa mempertahankan kesehatan rambut dan kulit dengan mengonsumsi buah semangka. Buah ini mengandung vitamin A dan C yang baik dalam menjaga kesehatan rambut dan kulit. Karena hal inilah semangka menjadi buah favorit ketika kemarau tiba.

4. Membantu mengendalikan gula darah

Manisnya semangka tidak menunjukkan bahwa buah ini mengandung kadar gula yang tinggi. Justru semangka aman buat orang penderita diabetes. Tidak hanya rendah gula, semangka kaya kalium dan magnesium yang bermanfaat dalam meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh. Kandungan tersebut mampu membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Meski begitu, penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi semangka secara berlebihan, karena justru akan meningkatkan kadar gula darah.

5. Meningkatkan nafsu bercinta

Manfaat dari buah semangka ini jarang diketahui oleh orang banyak. Ketika anda mengalami masalah saat berhubungan seperti kurang bergairah, semangka bisa menjadi solusinya. Tetapi manfaat ini tidak didapat dari daging buah, tetapi kulitnya. Kulit buah semangka ternyata memiliki khasiat sebagai obat kuat alami. Sehingga, performa anda bisa lebih lama daripada biasanya.

Risiko Konsumsi Semangka secara Berlebih

Ingat, sesuatu yang melewati batas itu tidak baik. Ujung-ujungnya akan berakhir pada hal yang buruk. Ketika anda mengonsumsi semangka dalam jumlah banyak, maka akan mengakibatkan mual, perut kembung, diare dan masalah pencernaan lainnya. Jadi, hindarilah makan berlebih.

Nah demikian itu adalah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan saat mengonsumsi semangka. Buah ini mudah didapat. Banyak toko yang menjual buah semangka. Namun tidak semua tempat menjual semangka yang segar berkualitas. Agar anda mendapatkan produk terbaik, cobalah untuk belanja online di e-commerce TaniHub. Jangkauannya luas mulai dari Jabodetabek hingga Bali. Produknya pun dijamin baik. Dengan luasnya jangkauan pasar, anda tidak perlu khawatir pesanan telat sampai. Hari ini pesan, produk pesanan anda akan sampai keesokan harinya.

Leave a Comment