Mengenal 7 Manfaat Cloud Kitchen untuk Pelaku UMKM

Industri layanan makanan makin terdesak beralih ke "cloud kitchen"
sumber gambar : antaranews.com

Tidak bisa dipungkiri, berbisnis di tengah pandemi tentunya memberikan tantangan tersendiri bagi kita. Akan tetapi, sebagai pelaku usaha kuliner, kita tidak bisa mengesampingkan faktor-faktor yang akan mendukung kita untuk tetap bangkit di masa pandemi. Salah satunya ialah menghadirkan cloud kitchen untuk membuat sistem pemesanan menjadi lebih praktis.

Sistem yang satu ini bisa kita dapatkan di Aplikasi Hubster. Jadi, hanya melalui satu platform ini saja, maka kita dapat secara mudah memproses pesanan makanan yang dilakukan pelanggan kita secara online melalui GrabFood atau GoFood. Jadi, kita tidak perlu repot-repot untuk melakukan rekapitulasi secara manual terhadap pesanan yang kita dapatkan.

Nah, di tengah pandemi sendiri, seperti yang kita tahu, kegiatan untuk makan di tempat alias dine in juga akan dibatasi secara ketat. Hal ini berperan penting karena akan mencegah resiko penyebaran virus. Makanya, cloud kitchen menjadi solusi yang cerdas untuk tetap melanjutkan bisnis kuliner di tengah adanya adaptasi terhadap kebiasaan baru. Lantas apa saja sih keunggulannya? Berikut terdapat 7 manfaat cloud kitchen yang dapat kita peroleh!

1. Efisiensi pengeluaran

Konsep cloud kitchen pada dasarnya juga dikenal sebagai ghost kitchen. Di sini, cloud kitchen berperan sebagai solusi yang efektif untuk menekan biaya operasional. Soalnya, berbeda dari tempat makan pada umumnya, cloud kitchen tidak mengharuskan kita untuk menyewa tempat tertentu. Makanan akan selalu dikirim ke pelanggan, jadi hanya menggunakan sistem delivery. 

2. Kebersihan dan keamanan terjamin

Biasanya, pelaku usaha kuliner yang masih menggunakan sistem manual akan kesulitan untuk beroperasi. Hal ini dikarenakan mereka harus membayar biaya operasional yang tinggi. Namun, konsep cloud kitchen mengubah kebiasaan tersebut dengan meningkatkan nilai tambah pada produk. Melalui efisiensi penyewaan tempat, pelaku usaha bisa mengalokasikan dana untuk menerapkan standar kualitas serta kebersihan.

3. Data akurat untuk pebisnis kuliner

Kebanyakan cloud kitchen akan bekerja sama dengan aplikasi yang memiliki fitur untuk memesan makanan. Jadi, disini kita sebagai pelaku bisnis kuliner bisa menikmati kemudahan integrasi. Sementara itu, kita pun bisa mengetahui lokasi serta makanan yang cenderung diminati oleh pelanggan di daerah tersebut.

4. Lebih banyak pelanggan yang dijangkau

Bisnis kuliner secara tidak langsung akan lebih bisa berekspansi melalui cloud kitchen karena bisa tetap beroperasi tanpa adanya restoran fisik. Makanya, saat ini mereka tidak perlu repot-repot memilih lokasi usaha. Terlebih, di tengah pandemi Covid-19, kebiasaan dine in juga berkurang akibat mobilitas yang terbatas.

5. Lebih praktis dan efisien

Melalui adanya cloud kitchen, pelaku usaha cukup menyediakan sumber daya manusia dan bahan baku untuk mempersiapkan operasional bisnis. Jadi, tidak perlu lagi ada repot-repot mengurus hal lainnya seperti jenis infrastruktur dan ketentuan penjualan. Semua sudah bisa dilakukan secara mudah melalui sistem cloud kitchen.

6. Meminimalisir resiko

Bagi kita yang baru merintis bisnis kuliner, kehadiran cloud kitchen sangatlah membantu kita untuk mengenalkan produk-produk yang kita miliki ke calon pelanggan dalam jangkauan yang lebih luas.

7. Menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen

Melalui adanya cloud kitchen, maka pebisnis kuliner pun dapat melakukan eksplorasi terhadap selera pelanggan. Soalnya, cloud kitchen akan menghadirkan produk kita secara lebih praktis.

Kemudahan mengelola cloud kitchen ini bisa kita dapatkan secara praktis melalui Aplikasi Hubster. Cukup satu solusi, semua pemesanan akan terekam dalam sistem yang terintegrasi. Yuk, download sekarang!

Leave a Comment